Sabtu, 26 Juni 2010

Peralatan Aquarium Air Laut

1. ATS / Algae Turf Scrubber
Sistim kerja alat ini bertujuan untuk menumbuhkan lumut / Algae pada media kasa/Screen yang diberi cahaya lampu dan di aliri air. ATS ini sebaiknya di bersihkan 1-2minggu satu kali sebanyak 60 – 70% yang bertujuan agar Algae yang mati tidak lepas dari kasa / Screen ATS dan masuk kedalam aquarium, karena bisa mengakibatkan semu
a biota dalam aquarium mati.

contoh ATS.





2. Wave Maker
Bertujuan untuk membuat / menciptakan arus di dalam aquarium, karena Arus dan pergerakan air dalam akuarium sangat di perlukan bagi kesehatan dan pertumbuhan ikan dan Terumbu Karang.

contoh Wave Maker.


























3. Lampu

Lampu yang bisa di gunakan dalam Aquarium air laut :

a. TL T8

T8 ini adalah lampu yang umum kita pakai sehari-hari di rumah.
Contoh daya listrik dan panjang tabung TL T8
18 watt = 60 cm
27 watt = 90 cm
36 watt = 120 cm
58 watt = 150 cm

b. TL T5 High Output
Lampu TL T5 ini akan menghasilkan cahaya yang jauh lebih terang di banding TL T8
Tetapi juga membutuhkan daya listrik yang besar di banding TL T8.

Contoh daya listrik dan panjang tabung TL T5 HO / High Output
24 watt = 60 cm
39 watt = 90 cm
54 watt = 120 cm
80 watt = 150 cm

contoh rumah lampu TL T5 HO.




c. TL Very High Output
Lampu TL WHO / Very High Output ini mempunyai bentuk dengan lampu TL T8 tetapi bisa menghasilkan cahaya tiga kali lebih terang dibanding lampu TL T8.


Contoh daya listrik dan panjang tabung TL VHO / Very High Output
75 watt = 60cm
95 watt = 90cm
110 watt = 120 cm
140 watt = 120 cm

contoh rumah lampu TL VHO.



d. Lampu Metal Halide
Banyak penghobi Aquarium air laut berpendapat bahwa lampu MH / Metal Halide ini sebagai obat mujarab karena cahaya yang di hasilkan oleh lampu ini luar biasa terang dan penerangannya sangat fokus. Lampu MH / Metal Halide ini tersedia dari 50 watt sampai 1000 watt.

contoh rumah lampu MH.



e.
Lampu High Power LED
Lampu High Power LED ini mempunyai PAR yang sama dengan lampu MH 250 watt dan memerlukan daya listrik yang lebih hemat hingga 40% dari lampu MH. Lampu High Power LED ini dapat di atur terang dan redupnya, hingga bisa menjadikan simulasi cahaya bulan.

contoh rumah lampu High Powe LED.



4. Protein Skimmer
Secara sederhananya Protein Skimmer berfungsi untuk memisahkan DOC / Disvolsed Organic Compound dari air laut yang ada didalam akuarium kita dengan memanfaatkan gelembung-gelembung udara yang sangat halus sebagai mediator pengikatnya. Hasil pengikatan DOC oleh gelembung-gelembung udara yang sangat halus pada Protein Skimmer berupa busa kotor atau biasa disebut Skimmate.

Jenis-jenis Protein Skimmer berdasarkan cara pemasukan udara:

1. Pompa angin dengan Air Stone Kayu.
2. Venturi dengan Power Head Pump dan Nozzle Venturi dengan Needle Wheel atau Mesh Wheel Pump.
3. Downdraft.
4. Beckett Injector.


Diagram Air Stone Skimmer.


Diagram Venturi Skimmer.


Foto DIY Single Beckett Injector Skimmer.


Diagram Downdraft Skimmer.


5. Chiller
Fungsi utama chiller adalah untuk menstabilkan suhu air agar sama dengan suhu air laut didalam laut. Pada kedalaman 5 – 10 m dibawah permukaan laut suhu air laut berkisar antara 25 – 27 derajat Celcius pada kedalaman ini SPS Coral biasa hidup, sedangkan pada kedalaman 10 – 15 m pada umumnya suhu air berkisar antara 24 – 26 derajat Celcius pada kedalaman ini LPS Koral dan Softies hidup dengan baik.

contoh chiller


6. Coil Denitrator
Berbentuk tabung yang didalamnya berisi selang dia. ¼” dengan panjang berkisar 22,5 meter yang digulung seperti coil dan di ruang kosong ditengah coil diisi dengan bioball.

Contoh Coil Denitrator.



7. Sulfur Denitrator
Bentuk dan prinsip kerja Sulfur Denitrator sangat mirip dengan Ca Reactor, hanya saja tidak memerlukan adamya tambahan Gas CO2.
Didalam tabungnya berisi Busa penahan media, butiran kecil Sulfur Murni/Pure Sulfur Bead yang berwarna kuning cerah dan Media Calcium Carbonate.

Contoh Sulfur Denitrator.


8. Bio Denitrator.
Prinsip kerja Bio Denitrator sama dengan Sulfur Denitrator hanya saja pada Bio Denitrator menggunakan media bioball. Pada intinya didalam tabung Bio Denitrator diciptakan kondisi air yang tidak lagi mengandung Oksigen sehingga Anaerob Bakteri bisa hidup dan berkembang dengan baik untuk mengurai nitrat menjadi gas Nitrogen.

Contoh Biodenitrator.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.